Fresh News

10 Ponsel Cerdas Tahun 2011

Posting by Administrator - Selasa, 01 Nov 2011
2.237 pembaca

Inilah Top 10 Ponsel Cerdas menurut Matthew Miller (zdnet)

1. Apple iPhone 4S

Di tengah duka yang masih menyelimuti Apple karena meninggalnya Steve Jobs, mereka mendapat kabar gembira. Gadget terbarunya iPhone 4S diumumkan telah terjual 4 juta unit hanya dalam 3 hari pemasarannya.

Jumlah tersebut berarti mengalahkan rekor iPhone 4 yang terjual 1,7 juta unit di tiga hari pertama ketersediaannya di pasar. Salah satu faktor lebih larisnya iPhone 4S adalah karena handset ini dalam tahap awalnya dijual di lebih banyak wilayah.
iPhone 4S telah dipasarkan di tujuh negara saat ini yaitu Amerika Serikat, Jepang, Australia, Perancis, Inggris, Jerman dan Kanada. Sedangkan iPhone 4 awalnya hanya di 4 negara. 

Keunggulan:

Image sensor. Kamera yang dimiliki iPhone 4S memiliki image sensor sebesar 8MP. Ini adalah peningkatan di mana iPhone seri sebelumnya (iPhone 4) memiliki kamera 5 MP. Dengan pixel yang lebih banyak, ketajaman warna foto akan bisa dinikmati.

Lensa. Lensa di iPhone 4S memiliki bukaan yang lebih lebar yakni 2.4 F-stop. Dengan aperture ini, foto yang dihasilkan dalam kondisi low light atau di dalam ruangan, akan tetap bagus. Hal ini dikarenakan, lensa dengan bukaan lebar mampu menangkap cahaya yang lebih banyak. 

Chip A5. Pengoperasian kamera yang ada di iPhone 4S akan lebih cepat dengan pemakaianimage processor yang sama seperti yang dipakai di iPad 2. Dengan Chip A5, Apple mengklaim tak ada lagi shutter lag yang terjadi. Apple menyebut bahwa chip ini sebagus chip yang ada di kamera DSLR.

Kemudahan pengambilan gambar. Kamera di iPhone 4S memungkinkan pengguna untuk mengambil foto melalui tombol volume. 

Resolusi video. Resolusi video pada iPhone 4S juga sudah ditingkatkan dari 720p ke 1080 berkualitas HD.

Face detection. Keunggulan lain dari kamera iPhone 4S adalah keberadaaan teknologi face detection di mana ia bisa mendeteksi apakah pengguna mengambil gambar portrait atau grup dan menyesuaikan fokusnya serta menyeimbangkan exposurenya hingga 10 wajah.

Peningkatan yang dilakukan Apple di kameranya ini memang cukup mencolok apalagi bila dibandingkan dengan kamera di iPhone 4, dan ini bisa menjadi salah satu penawaran terbaik dari iPhone 4S.

2.Samsung Galaxy Nexus

Google dan Samsung baru saja mengumumkan kehadiran Galaxy Nexus, ponsel pertama dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Harganya memang belum diumumkan secara resmi, namun kabarnya cukup mahal.

Belum ada konfirmasi resmi dari Samsung mengenai harga tersebut, namun dengan spesifikasi canggih yang diusungnya boleh jadi banderol di atas memang benar. Galaxy Nexus akan mulai dipasarkan bulan November di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. 

Galaxy Nexus yang sebelumnya diduga bernama Nexus Prime ini diperkenalkan di Hong Kong. Samsung sebelumnya juga menggarap ponsel Nexus dengan nama Nexus S. Sedangkan ponsel pertama di keluarga Nexus yaitu Nexus One digarap oleh HTC.

Galaxy Nexus mengandalkan prosesor 1,2 GHz dual core dan RAM 1GB. Bagian paling menarik barangkali adalah layarnya yang berteknologi Super Amoled HD resolusi 720x1280. Agaknya, layar ini termasuk yang paling cemerlang di pasaran.

3. HTC Titan

Titan merupakan dua smartphone dari HTC yang dibekali sistem operasi Windows Phone 7.5 atau Mango. Kedua ponsel ini rencananya bakal dirilis dalam waktu dekat. 

HTC memang bukan yang pertama menyatakan bakal segera merilis ponsel berbasis Mango. Vendor asal Taiwan ini telah disalip oleh Toshiba Mobile Communications yang telah merilis ponsel sejenis untuk wilayah Jepang.

Pun demikian, dengan spesifikasi dan fitur yang diusung Radar dan Titan HTC optimistis bisa menjadi juara di kalangan ponsel berbasis Windows Phone paling anyartersebut.

HTC Titan memiliki spefikasi sedikit lebih canggih dengan prosesor 1,5 GHz, memori internal 16 GB dan memori RAM 512 MB. Layarnya juga sedikit lebih besar dari Radar yakni 4,7 inchi 480x800 WGVA, dengan kamera 8 MP.

4. Motorola RAZR Droid

Nama RAZR menjadi catatan tersendiri dari sepak terjang Motorola sepanjang bisnis ponsel pintar. Seri ini dikenal karena kemasan bodinya yang tipis. Mulanya menggunakan konstruksi lipat, namun kemudian berkembang ke bentuk candy bar

Di tengah sibuk merilis ponsel Android, Motorola tak melupakan sub brand ini. Mengusung nama Droid lantas menjadi nama khas ponsel Motorola ber-OS Android. Demi menghidupkan kembalisub brand RAZR (baca: razor), pabrikan ini merancang kembali dengan teknologi hardware masa kini. Mulanya Motorola menyiapkan untuk aplikatif kepada jaringan LTE lewat serangkaian tes yang serius.

Namun kemudian publik terperanjat oleh desainnya yang tipis, ciri khas RAZR hidup kembali. Cuma setebal 7,1 mm sekaligus mengungguli Samsung Galaxy SII (8,49 mm) yang sempat disebut sebagai super tipis dari sebuah super smartphone. Dengan kata lain para desainer dan insinyur Motorola sukses me-lay out komponen hingga tebal produk hanya setara sekitar sembilan tumpuk kartu kredit.

5. Nokia N9

Nokia mulai mengapalkan N9, smartphone anyarnya ke berbagai belahan dunia. Ponsel cerdas berbasis sistem operasi MeeGo ini segera bisa didapatkan para peminatnya di sejumlah negara.

Nokia mengumumkan harga N9 versi 16 GB berkisar USD 560 atau sekitar Rp 4,9 juta (USD 1: Rp 8.873, sumber xe.com). Sedangkan versi 64 GB dijual pada kisaran USD 650 atau Rp 5,7 jutaan. Harga ini tentunya bisa berbeda di setiap negara.

Nokia N9 membawa sejumlah fitur unggulan. Ponsel ini murni mengandalkan layar sentuh karena tidak ada tombol fisik di bodinya. Spesifikasinya antara lain layar AMOLED 3,9 inch anti gores, rekam video HD, NFC dan kamera 8 megapixel.

Belum jelas negara mana saja yang pertama kali akan menerima N9. Sepertinya Indonesia juga akan segera kebagian mengingat negara ini adalah pasar penting bagi vendor ponsel asal Finlandia tersebut. 

"Sejak kami mengumumkan Nokia N9 Juni tahun ini,feedback yang didapatkan dari user di seluruh dunia adalah fantastik," klaim Ilari Nurmi, Vice President of Marketing Nokia

6. HTC Amaze 4G

HTC kagum kapal dengan sistem operasi Android 2.3.4 Gingerbread dan HTC Sense 3.0 user interface. Pertama muncul pada 4G Sensasi HTC, versi terbaru Sense menawarkan sejumlah perangkat tambahan, banyak yang dapat ditemukan pada layar kunci. Selain dari tampilan tanggal, waktu, dan statistik vital lainnya, Anda sekarang mendapatkan cara pintas untuk empat aplikasi favorit Anda. Secara default, cara pintas yang ditetapkan untuk telepon, email, kamera, dan pesan, tetapi Anda dapat mengubah mereka dalam Personalisasi menu telepon. Untuk membuka aplikasi tertentu, Anda cukup drag ikon ke cincin di bagian bawah layar, daripada harus membuka telepon pertama.

Selain cara pintas, HTC ingin layar kunci untuk menampilkan konten lebih user, jadi sekarang Anda dapat mempersonalisasikan layar dengan galeri foto Anda, streaming teman, saham favorit, atau cuaca. Konten kemudian mengapung oleh atau lalat dengan (tergantung pada pilihan yang Anda pilih) pada layar.

Setelah Anda membuka telepon, Anda akan menemukan perbaikan bahkan lebih. Misalnya, fitur layar awal korsel 3D sehingga Anda dapat lebih cepat flip melalui tujuh layar rumah, daripada menggesekkan melalui panel masing-masing. (Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan fungsi layar Lompatan.) Baki pemberitahuan pull-down memiliki tab kedua disebut Pengaturan Cepat di mana Anda dapat mengatur koneksi nirkabel Anda dan mengakses pengaturan lainnya. App mail dan widget sekarang memberikan preview dari setiap pesan, dan widget fitur galeri foto efek flip-papan.

Akan lebih baik jika ada kemampuan untuk menghapus beberapa panel layar awal seperti pada HTC Rhyme, tapi itu bukan masalah besar.

7. LG Thrill

Smartphone 3D LG yang segera dilempar ke pasar kabarnya akan dibanderol 50 persen lebih murah ketimbang smartphone LG sebelumnya. 

Di Amerika Serikat (AS), LG Thrill 4G, demikian nama smartphone 3D yang juga sudah mendukung 4G ini, ditawarkan seharga USD 99 (sekitar Rp 800 ribuan). Dengan catatan, harga ini satu paket dengan kontrak layanan data AT&T selama dua tahun. 

Tentu saja, ini suatu langkah besar yang diambil vendor smartphone asal Korea Selatan tersebut dalam menyaingi kompetitornya. Dibandingkan dengan HTC yang menawarkan HTC Evo 3D misalnya, dengan paket layanan data selama dua tahun dari Sprint, smartphone 3D tersebut berbanderol USD 200 (sekitar 1,7 juta). 

Thrill 4G disebut-sebut menjanjikan sesuatu yang dilewatkan para pengguna HTC Evo 3D, yakni konten 3D yang lebih kaya. Thrill 4G akan hadir dengan beberapa film dan game 3D terpilih, sementara Evo 3D cenderung dimanfaatkan sebagai kampanye marketing yang mendorong pengguna menciptakan konten 3D mereka sendiri dengan bantuan kamera built-in di perangkat tersebut.

Thrill 4G hadir dengan prosesor dual-core 1 GHz, layar 3D 4,3 inch dan kamera stereoscopic 5 megapixel untuk menangkap atau merekam gambar dan video dalam format 3D.

Kamera 3D pada Thrill 4G akan mendukung rekaman video 720p HD dalam mode 3D video 1080p HD pada mode 2D. Terdapat juga kemampuan output melalui HDMI atau streaming wireless DLNA. Smartphone ini baru akan diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat, yang didistribusikan oleh operator AT&T. 

Namun awas, pengguna ponsel Indonesia jangan salah kaprah. Dimana model bisnis penjualan ponsel di AS kerap kali mengikat harga jual produk dengan paket data selama beberapa tahun.

Hasilnya, harga jual ponsel di sana terlihat lebih murah di awal. Namun setiap bulannya, pengguna memiliki kewajiban untuk membayar paket layanan yang diikuti.

Artinya, jika ponsel Thrill 4G dibanderol Rp 800 ribuan di Negeri Paman Sam, maka di Indonesia -- untuk ponsel sejenis -- tak akan dihargai sama. Selain model bisnisnya beda, hal itu juga terpengaruh dari bea masuk yang bikin harga ponsel melonjak.

8. Motorola Droid Bionic

Motorola resmi menghadirkan Droid Bionic, smartphone Android terbarunya. Dengan sejumlah fitur papan atas, ia diharapkan menjadi lawan sepadan atau kalau tidak lebih baik dari iPhone 5 yang kabarnya meluncur pada bulan Oktober mendatang.

Apa saja yang ditawarkannya? Droid Bionic mempunyai kapabilitas koneksi 4G LTE (Long Term Evolution). Layarnya yang berukuran 4,3 inch qHD memakai Gorilla Glass sehingga tahan terhadap goresan.

Dalam pengujiannya, Droid Bionic umumnya mendapatan sambutan lumayan baik. Seperti ditulis media USAToday, tidak diragukan bahwa Droid Bionic secara keseluruhan adalah ponsel yang bagus. Smartphone ini, menurut mereka, layak dibeli.

Di antara deretan ponsel Android, barangkali lawan sepadannya adalah Galaxy S II. Berikut spesifikasi kunci Droid Bionic:

- OS Android 2.3.4 Gingerbread
- Prosesor dual-core 1 GHz dan 1 GB RAM
- 4,3 inch layar qHD dengan Corning Gorilla Glass
- Kamera 8-megapixel autofocus dengan flash serta kemampuan rekam video 1080p HD 
- Kamera depan untuk video chat melalui 4G LTE, 3G atau Wi-Fi
- HDMI out
- Adobe Flash pre-loaded
- HTML 5
- Memori internal 16GB
- Baterai 1735 mAh

9. Samsung Galaxy S II

Samsung dilaporkan telah menyalip posisi Apple sebagai vendor smartphone terbesar dunia. Ini terjadi pada kuartal 3 2011, yaitu periode antara bulan Juli sampai September.

Menurut sumber terkait yang dikutip media Wall Street Journal, Samsung mengapalkan 20 juta unit smartphone pada kuartal tersebut. Sedangkan dalam laporan keuangannya, Apple menyatakan menjual 17,07 juta unit smartphone.

Shin Jong kyun selaku President of Samsung Mobile Division membenarkan kabar ini. "Saya kira jumlah yang dikapalkan lebih dari 20 juta unit," katanya. 

Samsung secara resmi baru akan mengumumkan laporan keuangan perusahaan pada minggu mendatang. Namun beberapa analis meyakini Samsung memang telah menaklukkan Apple untuk pertama kalinya dan menjadi produsen ponsel pintar terbesar.

Kesuksesan Samsung tidak lepas dari beberapa merek handset Android populernya. Terutama Galaxy S II yang sampai sekarang telah terjual sekitar 10 juta unit.

Secara keseluruhan, Nokia masih menjadi vendor ponsel terbesar secara global. Meski di segmen smartphone sedang keteteran, Nokia masih menjual banyak ponsel di segmen menengah ke bawah atau feature phone.

10. BlackBerry Bold 9900/9930

BlackBerry Bold 9900 menjadi andalan tergressResearch In Motion (RIM) untuk menjajal peruntungan. Kini setelah yang versi standarnya, segera hadir versi warna putih dari perangkat dengan nickname Dakota tersebut.

Memang, keberadaan BlackBerry Dakota putih tersebut belum diperkenalkan langsung oleh sang vendor asal Kanada. Kemunculannya juga tidak disengaja, yakni kala sebuah eksebisi yang dihelat di Dubai, Uni Emirat arab.

Ya, seperti yang diduga, tidak ada perubahan yang berarti selain warnanya dari versi warna hitam ke putih. BlackBerry Dakota masih menggunakan layar selebar 2,8 inch, prosesor 1,2 GHz, RAM 768 MB, dan storage internal 8GB.

Dari sisi fitur ia sudah dilengkapi dengan kamera 5 megapixel dan berkemampuan merekam video HD 720p dan sudah terbenam BlackBerry OS 7.

Sejauh ini Dakota yang baru dilempar ke pasar rasanya belum ada yang berwarna putih, termasuk di Indonesia. Namun seperti strategi sebelum-sebelumnya, versi warna baru ini biasanya akan dihadirkan setelah pasar mulai jenuh alias sebagai penyegar. 

BlackBerry Bold 9900 memiliki ketebalan hanya 10.5 mm, membuatnya sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam saku tanpa menggangu penggunanya. RIM pun mengklaim ini merupakan BlackBerry paling tipis yang pernah mereka buat.

Namun keputusan tinggal di tangan pengguna, apakah masih dilanda euforia dan setia dengan BlackBerry, atau telah berpaling ke 'hati' ponsel lain?