Knowledge

CAPTCHA

Posting by Web Master - Jumat, 21 Jan 2011
1.490 pembaca

captcha.jpg

CAPTCHA atau Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer (yang menjawab manusia bukan mesin). Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut.

Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.

Istilah "CAPTCHA" (berasal dari kata bahasa Inggris "capture" atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Carnegie Mellon University berupaya mematenkan istilah ini [1], tapi aplikasi merek dagang mereka dibatalkan pada 21 April 2008 [2]. Saat ini pencipta CAPTCHA menganjurkan penggunaan reCAPTCHA sebagai penerapan resmi [3].

  1. "Computer Literacy Tests: Are You Human?", Time (majalah). Diakses pada 12 Juni 2008.
  2. "Latest Status of CAPTCHA Trademark Application". USPTO. 21 April 2008. http://tarr.uspto.gov/servlet/tarr?regser=serial&entry=78500434. Diakses pada 21 Desember 2008. 
  3. "reCAPTCHA homepage". Captcha.net. http://www.captcha.net/. Diakses pada 21 Desember 2008.